5 Makanan yang Baik dan Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

Tahukah Anda apa saja makanan untuk penderita diabetes? Kali ini akan kami ulas lengkap dibawah ini, ya. Simak sampai tuntas. Bicara soal kesehatan, sangat erat kaitannya dengan makanan. Mengapa bisa begitu? Karena makanan bisa saja semakin menyehatkan tubuh, dan bisa saja malah menyebabkan penyakit.

Namun di masa sekarang, banyak sekali makanan yang menjadi pemicu utama seseorang terkena penyakit. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengidap diabetes di dunia termasuk Indonesia. 

Saat ini memang banyak beredar makanan cepat saji, berlemak trans, tinggi natrium dan gula yang memanjakan lidah. Namun, di balik manisnya dan kelezatan rasa yang ditawarkan justru menjadi pemicu penyebab diabetes. Agar Anda terhindar dari penyakit tersebut, Anda perlu mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita diabetes. Biasanya makanan yang baik untuk penderita diabetes sangat rendah akan glukosa, rendah lemak, dan rendah natrium. 

Untuk selengkapnya, perhatikan daftar makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes seperti berikut. 

Baca Juga : 9 Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes, Yuk Kenali!

Pilihan Makanan yang Aman untuk Penderita Diabetes

Berikut beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes. 

1. Serat

Makanan berserat tinggi merupakan jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal tersebut terjadi karena serat membantu kinerja sistem ekskresi tubuh sehingga kelebihan kadar glukosa dalam darah dapat dikeluarkan melalui urine dan keringat. 

Berikut beberapa makanan berserat tinggi yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  • Buah-buahan, contohnya apel, pir, pepaya.
  • Sayur-sayuran, contohnya selada, brokoli, dan bayam.
  • Kacang-kacangan, contohnya kacang almond dan kacang tanah.
  • Biji-bijian, contohnya biji rami, biji bunga matahari, biji chia, biji blackcurrant, dan artichoke.

2. Protein

Protein merupakan golongan nutrisi makro esensial seperti karbohidrat dan lemak. Manfaat protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, hingga sebagai sumber energi tubuh. Meski begitu, penderita diabetes harus lebih selektif dalam memilih sumber protein. 

Penderita diabetes wajib menghindari makanan tinggi protein yang memiliki kandungan karbohidrat dan lemak jenuh tinggi. Berikut beberapa makanan yang kaya akan protein, namun rendah lemak, dan rendah karbohidrat.

  • Protein nabati, contohnya edamame, tahu, kacang polong, kacang hitam, kacang merah. 
  • Protein hewani, contohnya dada ayam, daging ikan berwarna putih, telur, daging sapi bagian has dalam atau paha sapi bagian belakang.

3. Lemak sehat

Kata siapa penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan berlemak. Namun, bicara soal lemak untuk penderita diabetes, bukanlah lemak jenuh melainkan lemak sehat. Berikut beberapa makanan berlemak yang bisa Anda konsumsi.

  • Lemak sehat tunggul, contohnya kacang almond, minyak wijen, biji labu, alpukat, minyak kanola, dan minyak zaitun.
  • Lemak sehat ganda, contohnya minyak jagung, minyak ikan, minyak biji rami, minyak kenari, dan minyak bunga matahari.

4. Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dan kaya akan antioksidan

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi serta antioksidan dapat menstabilkan gula darah. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berikut daftar makanan yang memiliki kandungan vitamin, antioksidan, dan mineral tinggi.

  • Buah stroberi. Di dalam buah ini terkandung senyawa antosianin dan polifenol yang tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan. Buah ini juga kaya akan vitamin C.
  • Buah beri. Di dalam buah ini terkandung vitamin K dan C yang sangat tinggi, serta mengandung mineral seperti serat, potassium, dan mangan yang sangat tinggi.
  • Buah jeruk. Di dalam buah ini mengandung kandungan vitamin , serat, potassium, dan folat yang tinggi.
  • Sayuran hijau. Di dalam sayuran hijau terdapat kandungan vitamin K, A, C, E dan kandungan seng, potassium, dan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk menstabilkan gula darah.

5. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang mengandung nutrisi, dan serat yang lebih tinggi dibandingkan karbohidrat sederhana. Manfaat dari karbohidrat kompleks diklaim lebih menyehatkan dan aman meski di konsumsi penderita diabetes. Berikut beberapa sumber karbohidrat kompleks yang bisa dikonsumsi penderita diabetes.

  • Olahan gandum utuh, contohnya roti gandum.
  • Biji utuh, contohnya biji gandum dan beras merah.
  • Buah-buahan, contohnya beri, pisang, dan tomat.
  • Umbi-umbian, contohnya ubi jalar, dan kentang.
  • Legum, contohnya kacang polong, dan buncis.

Baca Juga : Berapa Kadar Gula Darah Normal Menurut Usia? Ini Lengkapnya!

Ingin Makan Manis Tapi Takut Diabetes? Yuk, Pakai Thermolyte Sweetener

Thermolyte Sweetener

Setelah mengonsumsi makanan di atas, apakah tetap bisa mengonsumsi makanan manis? Anda tetap bisa mengonsumsi makanan manis kok. Apakah tidak berbahaya bagi penderita diabetes? Jawabnya tidak, asalkan dengan satu satu syarat. Lantas apa syaratnya mengonsumsi makanan manis tetapi tidak takut diabetes? Caranya mudah, Anda hanya perlu mengkonsumsi pengganti gula tanpa kalori dengan Thermolyte Sweetener. Agar Anda tidak bingung dengan apa itu Thermolyte Sweetener sebenarnya. Anda bisa perhatikan ulasan berikut ini. 

Apa itu Thermolyte Sweetener?

Thermolyte Sweetener merupakan pemanis 0 kalori yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai pengganti gula. 

Apa saja kandungan bahan yang terkandung di dalam Thermolyte Sweetener?

Berikut beberapa kandungan yang terkandung di dalam Thermolythe Sweetener.

Sukralosa

Kandungan sukralosa merupakan jenis pemanis buatan yang memiliki kandungan kalori 0. Namun, kandungan ini memiliki rasa yang lebih baik dari gula, bahkan 600x lipat lebih manis. Bahkan kandungan ini tidak akan berubah rasa meski dimasak dalam suhu tinggi. Sukralosa juga dapat digunakan sebagai pemanis minuman dan makanan yang terbukti aman sesuai dengan anjuran FDA (BPOM Amerika Serikat).

Sorbitol

Sorbitol juga merupakan jenis pemanis buatan yang rendah kalori. Meski rendah kalori, pemanis buatan ini memiliki rasa manis, dan dingin di mulut sehingga banyak disukai orang. Kandungan sorbitol juga sering dijadikan bahan baku permen xylitol karena kandungan ini berfungsi memelihara kesehatan gigi.

Maltodextrin

Maltodextrin juga merupakan jenis pemanis buatan yang rendah kalori namun memiliki rasa yang sedikit manis. Biasanya pemanis buatan ini dijadikan pemanis minuman bernutrisi, makanan dengan kandungan rendah lemak, dan jus buah.

Apa saja manfaat yang didapatkan jika menggunakan Thermolyte Sweetener sebagai pengganti gula?

Berikut beberapa manfaat yang diberikan Thermolyte Sweetener.

  • Menstabilkan kadar glukosa dalam darah.
  • Memanjakan lidah para penderita diabetes karena rasanya manis namun rendah kalori.
  • Meringankan kinerja pankreas dalam memasok insulin.
  • Mencegah komplikasi serius yang diakibatkan penyakit diabetes, seperti amputasi.
  • Meningkatkan semangat penderita diabetes dalam menjalani kehidupan.

Bagaimana cara penyajian Thermolyte Sweetener yang benar?

Untuk penyajian minuman, Anda hanya perlu menambahkan 1 sachet Thermolyte Sweetener ke dalam 250ml (1 gelas) minuman dingin atau panas seperti jus, kopi, dan teh. Pastikan Anda, tidak menggunakan pemanis buatan ini melebihi takaran, karena pemanis buatan ini memiliki rasa manis layaknya 15 gram (3,5 sendok teh) gula.

Untuk penyajian makanan seperti sayur asem, sayur bening, opor, gula, dan lainnya. Anda hanya perlu menambahkan 1 sachet Thermolyte Sweetener. Sedangkan untuk pembuatan kue seperti kue kering, cake, puding, dan lainnya, Anda bisa menambahkan Thermolyte Sweetener sebanyak 7 sachet dengan perbandingan gula pasir sebanyak 100 gram.

Sekarang, Anda jauh lebih mengenal jajaran makanan untuk penderita diabetes yang baik dikonsumsi. Jangan lupa untuk mengganti pemanis Anda dengan Thermolyte Sweetener sekarang juga. Rasakan manisnya hidup seperti manisnya sukralosa di dalam Thermolyte Sweetener. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×