Cara Mengontrol Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Bahaya diabetes memang menakutkan jika dibiarkan saja. Penyempitan pembuluh darah pada organ-organ vital tubuh, stroke, dan serangan jantung adalah beberapa bahaya yang mengintai penderita diabetes. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara mengontrol gula darah demi terhindari dari bahaya tersebut. Cara mengontrol gula darah pada penderita diabetes ada banyak, Anda bisa memilih cara yang menurut Anda mudah untuk dipraktikkan.

Bagaimana Cara Mengontrol Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Berikut ini adalah beberapa cara efektif mengontrol gula darah bagi penderita penyakit diabetes :

1. Olahraga Rutin

olahraga untuk penderita diabetes

Olahraga bagusnya dilakukan selama 150 menit dalam seminggu. Artinya Anda bisa melakukan setiap hari (5 hari seminggu) selama setengah jam. Olahraga setiap 30 menit sehari rasanya tidak terlalu berat dilakukan. Hanya saja, biasanya memang berat dilakukan secara konsisten. Anda perlu melakukan pembiasaan ini selama 40 hari lalu secara tidak langsung akan menjadi habit Anda.

Pilihlah olahraga yang tepat bagi penderita diabetes. Misalnya seperti berjalan kaki, bersepeda, dan olahraga santai lainnya. Pasalnya dengan olahraga ini sangat efektif dalam mengontrol gula darah dalam tubuh Anda.

Dengan olahraga selama 30 menit, tubuh Anda akan membakar kalori sebanyak 400 hingga 600 kalori. Jika rutin Anda lakukan tiap hari, Anda bisa membayangkan berapa kalo yang akan Anda bakar dalam seminggu. Tentu ini akan menyehatkan tubuh Anda dan efektif mengurangi lemak dalam tubuh Anda.

2. Mengatur Porsi Makan

Ketika Anda sudah berumur 20 tahun ke atas, aktivitas Anda sudah lebih banyak diam dibandingkan saat masih kanak-kanak yang lebih lari-lari dan teriak. Namun, justru makanan yang Anda konsumsi di umur 20 tahun ke atas makin banyak.

Alhasil, kalori yang masuk dibandingkan dengan kalori yang keluar, lebih banyak kalori yang masuk. Timbunan kalori inilah yang menyebabkan jumlah glukosa dalam tubuh susah dimasukkan ke dalam sel karena insulin yang diproduksi tetap, namun jumlah glukosa lebih banyak dari kadar normalnya.

Dengan mengatur porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda, Anda secara tidak langsung membantu tubuh Anda untuk tidak membebani kerja organ hati yang memproduksi insulin. Dan ini adalah cara mengontrol gula darah yang paling efektif bagi penderita diabetes.

Baca Juga : 9 Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes, Yuk Kenali!

3. Menggunakan Pengganti Gula yang Nol Kalori

Cara Mengontrol Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Selain olahraga dan mengatur porsi makan, cara mengontrol gula darah Anda yaitu dengan mengonsumsi pengganti gula yang nol kalori. Pasalnya, kebiasaan beberapa orang tidak merasa sudah makan ketika mengonsumsi gula. Mereka bisa mengonsumsi gula dalam jumlah banyak dan tidak sadar ketika mereka minum kopi, teh, jus, dan minuman manis lainnya.

Ketika ditanya, mengapa mereka bisa gendut, biasanya orang seperti ini mengelak bahwa mereka banyak makan. Namun, ketika ditelusuri, ternyata mereka sering mengonsumsi minuman manis dalam jumlah besar tiap harinya. Inilah kebiasaan yang buruk dan tidak mereka sadari menjadi penyebab diabetes yang mematikan.

Jika Anda punya kebiasaan mengonsumsi minuman manis dan ingin tetap aman dari diabetes, Anda bisa memulainya dari sekarang dengan mengonsumsi pengganti gula nol kalori. Pengganti gula nol kalori yang aman adalah Thermolyte Sweetener.

Apa Itu Thermolyte Sweetener?

Thermolyte Sweetener merupakan pemanis buatan pengganti gula pasir untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Produk ini sangat cocok digunakan untuk pengganti gula bagi Anda yang ingin menikmati manisnya gula tanpa harus takut diabetes. Thermolyte Sweetener ini ketika dikonsumsi oleh tubuh hanya menghasilkan 0 kalori.

Manfaat Thermolyte Sweetener

Thermolyte Sweetener berfungsi sebagai pengontrol kadar gula dalam darah Anda agar lebih stabil karena kandungannya yang 0 kalori. Kadar gula yang stabil secara otomatis menekan risiko komplikasi penyakit diabetes yang bakal Anda alami. 

Kandungan Thermolyte Sweetener

Thermolyte Sweetener mengandung zat pemanis buatan seperti sukralosa, sorbitol, dan maltodextrin. Kandungan inilah yang menghasilkan rasa manis namun tetap 0 kalori.

Cara Penyajian Thermolyte Sweetener

Untuk minuman, Anda hanya perlu memasukkan 1 sachet (1gr) Thermolyte Sweetener yang dilarutkan dalam 1 gelas (250ml) minuman panas/dingin. Sedangkan untuk makanan seperti kue, Anda hanya perlu menambahkan Thermolyte Sweetener secukupnya ke dalam makanan. Rasa manis 1 sachet setara dengan 3,5 sendok teh (15 gr) gula pasir. Anda bisa menyesuaikan dengan selera Anda sendiri.

4. Kelola Stres dengan Baik

Cara mengontrol gula darah yaitu salah satunya dengan mengelola stres dengan baik. Ketika Anda stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol (hormon stres) yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Untuk itu, Anda harus mengelola stres Anda.

Cara yang paling ampuh mengelola stres adalah Anda tanamkan pada otak Anda, bahwa apa yang ditakdirkan untuk Anda dapatkan, maka tidak akan tertukar ke siapapun. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menerima apapun yang terjadi. Selain itu, Anda juga bisa melakukan manajemen waktu yang baik agar pekerjaan Anda selesai tepat waktu dan Anda tidak dikejar-kejar oleh deadline. Anda juga mengelola stres dengan melakukan hobi yang Anda sukai.

Jika Anda masih belum bisa mengelola stres dengan cara di atas, Anda bisa mengonsultasikan dengan dokter perihal stres yang Anda alami. Dokter biasanya akan memberikan obat jika Anda tetap stres setelah menjalani beberapa hal yang sudah disarankan.

5. Istirahat yang Cukup

istirahat yang cukup

Tidur yang cukup akan menyeimbangkan hormon di tubuh Anda. Jika Anda kurang tidur atau tidur di waktu yang tidak tepat, Anda akan lebih cepat marah dan stres. Hasilnya tentu saja ketika Anda stres, hormon stres akan menaikkan kadar gula dalam darah Anda.

Baiknya, Anda tidur sehari selama 8 jam dan jangan tidur di atas jam 10 malam. Anda boleh begadang jika dilakukan sesekali waktu saja, bukan tiap hari. Begadang tiap hari akan meningkatkan stres.

6. Jaga Berat Badan

Menjaga berat badan dalam rentang ideal memang hal yang susah dilakukan banyak orang. Namun, bukan berarti Anda boleh berputus asa dalam mencapai berat badan yang ideal. Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal jika Anda menjaga pola makan dan terus berolahraga.

Menjaga berat badan ini sangat penting karena ini adalah cara mengontrol gula darah yang efektif. Anda bisa mengecek bahwa orang yang berat badannya berlebih kemungkinan besar dia terancam penyakit diabetes.

Baca Juga : 7 Cara Mencegah Diabetes Sejak Dini, Yuk Lakukan Sekarang!

7. Makan Banyak Serat

Makan banyak serat bisa memudahkan Anda buang air besar tiap hari. Orang yang punya masalah dengan buang air besar, biasanya juga punya risiko mengidap penyakit diabetes. Bahkan rata-rata orang yang mengalami obesitas, sangat susah buang air besar secara rutin tiap hari.

Dengan makan banyak serat, tubuh Anda akan lancar dalam mengeluarkan sisa-sisa makanan dan tentu saja juga mengeluarkan racun dalam tubuh melalui buang air besar. Dengan sedikitnya racun dalam tubuh, organ hati bisa memproduksi insulin dengan normal.

8. Rajin Cek Gula Darah

cara mengontrol gula darah atau diabetes

Cara mengontrol gula darah lainnya adalah dengan rajin cek gula darah. Bagaimanapun jika Anda sudah pernah terindikasi pengidap diabetes, Anda harus secara berkala mengecek gula darah. Apalagi jika Anda baru saja mengonsumsi makanan dengan kalori yang besar.

Dengan mengecek gula darah secara berkala, Anda bisa tahu kapan saja gula darah Anda naik. Anda bisa cepat menstabilkan gula darah dengan bantuan obat penurun gula darah yang sudah diresepkan oleh dokter.

Itulah beberapa cara mengontrol gula darah yang efektif. Semoga Anda bisa mempraktikkannya dan bisa terhindari dari bayang-bayang diabetes yang mematikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×